Sunday, April 8, 2012

Tutorial Instalasi Database Oracle XE 11g R2 di Linux Fedora 16

Oracle RDBMS (Relational Database Management System) menjadi salah satu sistem basis data relasional paling banyak digunakan. Database Oracle memang sudah terbukti sebagai salah satu sistem basis data yang dapat diandalkan untuk menangani proyek besar dengan data yang juga sangat besar. Database Oracle dibuat oleh Oracle Corporation dan menjadi salah satu primadona di kalangan pekerja IT. Kemampuan menguasai database Oracle menjadi salah satu syarat yang banyak disertakan oleh para pencari karyawan IT. Oracle dirilis dalam beberapa edisi, mulai dari Standar Edition, Standar Edition One, Enterprise Edition, hingga Express Edition (XE) yang gratis namun memiliki beberapa keterbatasan. Oracle XE kelihatannya memang disediakan untuk kepentingan belajar. Ukurannya lebih kecil, kebutuhan perangkat kerasnya juga tidak setinggi edisi lainnya.

Oracle XE 11g R2 adalah rilis terbaru dan dapat diunduh gratis dari situs resmi Oracle. Berbeda dengan rilis Oracle XE 10g R2 yang hanya menyediakan installer untuk Linux arsitektur x86, rilis terbaru ini justru kini hanya menyediakan installer Linux untuk arsitektur x86_64. Jadi pastikan target sistem operasi Fedora 16 untuk instalasi juga berplatforn x86_64. Cara instalasi Fedora 16 x86_64 dapat ditemukan di artikel sebelumnya.

Usai mengunduh installer Oracle XE 11g R2, buka sebuah terminal emulator dan ganti user menjadi root. Lalu install perangkat lunak unzip yang nantinya akan digunakan untuk mengekstrak installer Oracle XE 11g R2.
su
yum install unzip
Ekstrak berkas installer Oracle XE 11g R2, gunakan perintah unzip seperti tampak pada tangkapan layar berikut ini.
Install berkas dependensi yang dibutuhkan untuk instalasi. Di sistem Fedora 16 yang saya gunakan untuk instalasi, hanya ada satu pustaka yang harus ditambahkan ke sistem. Jalankan perintah berikut sebagai root untuk instalasinya.
yum install libaio
Kemudian masuk ke direktori hasil ekstraksi tadi, jalankan perintah rpm seperti tampak pada tangkapan layar di bawah ini untuk memulai instalasi Oracle 11g R2 di Fedora 16.
Bila instalasi berjalan lancar tanpa adanya pesan galat (error), lanjutkan dengan konfigurasi database Oracle dengan menjalankan perintah:
/etc/init.d/oracle-xe configure
Biarkan saja nomor port menggunakan pilihan default pada tahap konfigurasi port-port yang akan digunakan Oracle XE.

Tentukan password untuk pengguna /, SYS, dan SYSTEM.
Jawab y untuk menjalankan layanan Oracle XE ketika komputer dihidupkan, atau n jika layanan Oracle tidak perlu dijalankan ketika komputer dihidupkan.
Setelah proses instalasi ini selesai, cek layanan Oracle dengan login menjadi user oracle.
su - oracle
lsnrctl status
Cobalah mengakses layanan Oracle menggunakan SQL*Plus atau klien lainnya jika tidak ada galat pada keluaran perintah di atas.