Thursday, January 5, 2012

LibreOffine Calc, Office Excel-nya Linux Mint 12

LibreOffice Calc adalah spreadsheet yang memiliki fungsi untuk mengolah data numeric, data base dan kemudian melakukan tabulasi, membuat ringkasan data serta mengubah data yang ada menjadi sebuah informasi bermakan.  Lebih mudahnya fungsi LibreOffice di Linux Mint sama dengan fungsi Microsoft Office Excel di Windows.
Tampilan LibreOffice Calc
Banyak persamaan yang dimiliki LibreOffice Calc dengan Microsoft Office Excel, sehingga bagi pengguna baru tidak akan mengalami kesulitan yang cukup berarti ketika ia telah terbiasa menggunakan Microsoft Office Excel.

Kita pun dapat membuka dan mengolah data yang dibuat di Microsoft Office Excel di LibreOffice Calc, sekaligus juga dapat menyimpannya dalam berbagai format sesuai yang kita inginkan (.xls, .xlsx, dll).

Default format file LibreOffice Calc adalah .ods (Open Office Format/ODF Spreadsheet) dan default folder penyimpanannya adalah Home/Downloads.

Cara menyimpan dalam format selain .ods:
1. Simpan file (Ctrl+S / Ctrl+Shift+S)
2. Namai file sesuai dengan yang dikehendaki sekaligus ditambah dengan ekstensi yang diinginkan (coba.xls, coba.xlsx, dll) dan tentukan letak file kemudian Enter.
3. Jika ingin melihat ekstensi apa saja yang ada klik kolom di belakang All Format di bagian bawah kemudian gunakan anak panah ke bawah

4. Jika muncul dialog box notifikasi, pilih Keep Current Format.

5. Jika ingin disimpan dalam format .pdf, klik File ->Export as PDF (namai file sekaligus diberi ekstensi .pdf)

Informasi lebih lanjut tentang LibreOffice Calc silahkan klik di sini

Terima kasih, semoga bermanfaat...