Thursday, January 5, 2012

'Fresh' Upgrade; Cara Aman untuk meng-upgrade Linux Mint

Sebenarnya users di Linux Mint tidak perlu selalu melakukan upgrade sistem yang digunakan ketika Linux Mint yang digunakan dapat berjalan sesuai yang dikehendaki dan ia terlanjur menyukai release Linux Mint yang digunakan.

Namun, ketika users ingin menikmati fitur Linux Mint release terbaru, tentu perlu untuk melakuan upgrade. Sebenarnya ada beberapa teknik upgrade Linux Mint, namun kebanyakan diperuntukkan bagi pengguna tingkat lanjut (advanced users). Sedang bagi user pemula (newbie) cara paling aman untuk melakukan upgrade Linux Mint adalah dengan menggunakan 'Fresh Upgrade'.


'Fresh Upgrade' adalah menggunakan Live CD/DVD atau Live USB release terbaru kemudian melakukan instalasi baru di drive (directory) yang sama dengan directory di mana sistem sekarang berada (melakukan overwrite system).

Kelebihan dan keuntungan 'Fresh Upgrade' adalah:
  1. Aman (Safe); Data kita telah di-back up secara eksternal (terpisah dari directory sistem). Apapun kesalahan yang kita buat atau apapun gangguan (bug) yang terjadi selama proses instalasi tidak akan berpengaruh pada data yang sudah kita back up.
  2. Cepat (Fast); instalasi biasanya berlangsung 10 - 30 menit. Upgrade menggunakan Live CD/DVD maupun Live USB jauh lebih cepat dibandingkan upgrade sistem dari repositories.
  3. Terjamin (Reliable); Pertama, kita dapat kesempatan untuk mencoba hardware detection di release terbaru menggunakan Live CD/DVD maupun Live USB. Jika ada yang berjalan tidak sesuai harapan, kita tinggal memutuskan untuk tidak melakukan upgrade dengan tidak melakukan instalasi. Kedua, Kita akhirnya memiliki Linux Mint dengan instalasi baru, yaitu sistem yang telah teruji oleh team pengembang dan komunitas Linux Mint.
  4. Mudah (Easy): Dengan menggunakan cara ini, segala sesuatu dapat berjalan sesuai yang direncanakan.
Lalu, bagaimana cara melakukan Fresh Upgrade? Tenang saja kawan, klik di sini saja.


Semoga bermanfaat...


Sumber: