Monday, April 23, 2012

Sholat Tahajud dan Manfaatnya

Shalat Tahajud  adalah shalat sunat yang dikerjakan pada waktu malam, dimulai selepas isya sampai menjelang subuh.Jumlah rakaat pada shalat ini tidak terbatas, mulai dari
2 rakaat, 4, dan seterusnya.
A. Pembagian Keutamaan Waktu Shalat Tahajud
Sepertiga malam, kira-kira mulai dari jam 19.00 samapai jam 22.00
Sepertiga kedua, kira-kira mulai dari jam 22.00 sampai dengan jam 01.00
Sepertiga ketiga, kira-kira dari jam 01.00 sampai dengan masuknya waktu subuh.
B. Keutamaan Shalat Tahajud
Sahabat Abdullah bin Salam mengatakan, bahwa Nabi Muhammad saw bersabda:
“Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah diwaktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk Surga dengan selamat.” (HR Tirmidzi)
Bersabda Nabi Muhammad saw:
“Seutama-utama shalat sesudah shalat fardhu ialah shalat sunnat di waktu malam.” (HR Muslim)
Selain itu, Allah sendiri juga berfirman:
Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji. (QS Al-Isra’: 79)
Dari Jabir r.a., ia barkata, “Aku mendengar Rasulullah saw. Bersabda: Sesungguhnya pada malam hari itu benar-benar ada saat yang seorang muslim dapat menepatinya untuk memohon kepada Allah suatu kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah akan memberikannya (mengabulkannya); dan itu setiap malam.” (HR Muslim dan Ahmad)
“Lazimkan dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR Ahmad)
C. Kiat Mudah Shalat Malam/Qiyamullail
Agar kita diberi kemudahan bangun malam untuk melakukan shalat malam, cobalah tips-tips berikut ini:
Aturlah aktivitas di siang hari agar malamnya Anda tidak kelelahan. Sehingga tidak membuat Anda tidur terlalu lelap.
Makan malam jangan kekenyangan, berdoa untuk bisa bangun malam, dan jangan lupa pasang alarm sebelum tidur.
Hindari maksiat, sebab menurut pengalaman Sufyan Ats-Tsauri, “Aku sulit sekali melakukan qiyamullail selama 5 bulan disebabkan satu dosa yang aku lakukan.”
Ketahuilah fadhilah (keutamaan) dan keistimewaan qiyamulail. Dengan begitu kita termotivasi untuk melaksanakannya.
Tumbuhkan perasaan sangat ingin bermunajat dengan Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Baik juga jika janjian dengan beberapa teman untuk saling membangunkan dengan miscall melalui telepon atau handphone.
Buat kesepakatan dengan istri dan anak-anak bahwa keluarga punya program tahajud bersama sekali atau dua malam dalam sepekan.
Berdoalah kepada Allah swt. untuk dipermudah dalam beribadah kepadaNya.
Manfaat Sholat Tahajjud bagi kesehatan
Dalam sebuah hadits, Rasullulloh SAW bersabda bahwa :
“Sholat sunah yang utama setelah sholat fardhu adalah sholat Tahajud”
(HR. Abu Dawud)
Dalam Al-Quran, Alloh SWT juga berfirman :
“Dan pada sebagian malam hari, bersembahyang Tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-Mu mengangkat kamu ke tampat yang terpuji,” (QS. Al-Isa <17>:79)
Dari referensi tersebut tampak bahwa sholat Tahajud merupakan sholat sunah yang istimewa dalam ibadah umat islam. Pada riwayat lainnya yang shahih dinyatakan bahwa Rasullulloh SAW tidak pernah meninggalkan sholat Tahajud hingga beliau wafat.
Ditinjau dari aspek religi, orang yang senantiasa melaksanakan sholat Tahajud akan mendapatkan rasa kedekatannya kepada Alloh Swt. Selanjutnya, dia akan merasakan ketentraman bathin, kemudahan dalam menjalani kehidupan karena semua hasil akhir dari usaha atau kerja kerasnya selalu diserahkan kepada Alloh Swt untuk menentukannya dan dia juga akan mendapatkan keseimbangan kehidupan lahir dan bathin.
Dari aspek kesehatan, sholat Tahajud dapat membantu kita menyembuhkan penyakit yang kita derita. Dengan melaksanakan sholat Tahajud, kita akan mendapat manfaat yang multiple, sebagaimana sabda Rasullulloh SAW dalam sebuah hadis :
“Sholat Tahajud dapat menghapus dosa, mendatangkan ketenangan dan menghindarkan dari penyakit,” (HR. Tirmidzi)
Hadits tersebut memberikan dalil yang kuat terhadap adanya hubungan yang mutual antara praktik ibadah mahdah dengan alur logika dan pembuktian sains. Fakta membuktikan bahwa ketenangan dapat meningkatkan ketahanan tubuh imunologik, mengurangi resiko terkena penyakit jantung, dan meningkatkan usia harapan hidup. Sebaliknya stres dapat menyebabkan kita menjadi rentan terhadap infeksi, mempercepat perkembangan sel kanker, dan meningkatkan metastatis. Dengan demikian secara teoritis bila kita mengamalkan sholat Tahajud, kita pasti mendapatkan kesehatan yang baik secara fisik dan mental.
Dalam sebuah bukunya, Prof. Dr. Mohammad Soleh, setelah melakukan penelitian terhadap beberapa pelaku sholat tahajud secara rutin dan ikhlas, mengungkapkan bahwa sholat Tahajud memberi pengaruh terhadap peningkatan respon ketahanan tubuh imunologik,
Penelitian tersebut dilandasi oleh apa yang dianjurkan Al-Quran kepada kita untuk Iqra (bacalah), Wasma’u (simaklah), Afala tatafakkaruun (pikirkanlah), Afala tubshiruun (perhatikanlah), Afala tandhuruun (telitilah/risetlah), dan Afala tatadabbaruun (ungkapkanlah).
Oleh sebab itu, apabila kita menginginkan keseimbangan hidup sekaligus mendapatkan kesehatan jasmani dan rohani, sholat Tahajud adalah (salah satu) jalan mujarab untuk mendapatkannya. Dengan dosis 13 reka’at dalam waktu 8 minggu, sholat Tahajud dapat menurunkan kadar kortisol. Pada kadar tinggi, kortisol bersifat imunosupresif. Sebaliknya dalam kadar rendah kortisol dapat mempengaruhi proliferasi limfosit. Dalam perspektif psikoneuroimunologi, terjadinya peningkatan respon imun ini akan meningkatkan ketahanan tubuh. Dengan kata lain, melalui turunnya kadar kortisol, para pengamal salat tahajud terhindar dari kemungkinan gejala stres. Keadaan terbebas dari stress akan membantu kita terhindar dari sakit atau penyakit.
Temuan di atas sekaligus menjawab sinyalemen yang mengatakan bahwa kebenaran agama mustahil dapat dibuktikan secara ilmiah.
Maka marilah kita amalkan sholat Tahajud dengan tepat, ikhlas, dan khusyuk setiap malam.
Semoga kita termasuk orang-orang yang mendapat keberkahan dari Alloh SWT.

Diambil dari :  http://mqfmnetwork.com/mq-pagi/204-sholat-tahajud-manfaatnya-bagi-kesehatan.html