Wednesday, April 11, 2012

Konfigurasi Pasca Instalasi Linux CentOS 6.2

Di artikel sebelumnya telah dibahas step by step instalasi distro CentOS 6.2 menggunakan media instalasi live DVD. Instalasi standar CentOS tidak melakukan penambahan username, pengaturan waktu dan tanggal, kernel crash dump, dll. Konfigurasi akan dilakukan setelah instalasi sistem dasar selesai dan user melakukan reboot dari mode live DVD ke sistem yang baru selesai dipasang. Gaya instalasi seperti ini memang lazim digunakan distro-distro turunan RedHat. Tanpa konfigurasi pasca instalasi maka CentOS tidak dapat kita gunakan. Tahap ini adalah wajib hukumnya.

Saat instalasi CentOS selesai, user harus melakukan reboot ke sistem baru di hard disk untuk memasuki tahap pengaturan. Layar 'Welcome' akan menyambut pengguna baru CentOS. Dari sini user dapat melanjutkan dengan klik Forward.
Di layar berikutnya, kita harus sepakat dengan lisensi CentOS 6.2 dengan memilih 'Yes, I agree to the License Agreement'. Lalu klik forward untuk melanjutkan.
Selanjutnya kita akan membuat username yang akan digunakan untuk pemakaian biasa sehari-hari. User ini tidak mempunyai hak untuk mengubah konfigurasi sistem. Masukkan username, fullname, dan password di kotak isian yang tersedia. Klik Forward.
Pastikan tanggal dan jam sudah cocok. Lakukan penyesuaian jika salah satu atau keduanya tidak tepat. Di layar ini kita juga punya pilihan untuk mengatur waktu diperbarui melalui server melalui jaringan.
Konfigurasi terakhir, aktifkan kdump untuk mencatat crash yang terjadi di level kernel. Klik Finish untuk menyelesaikan konfigurasi.
Sekarang konfigurasi pasca instalasi sudah selesai dan kita sudah dapat login ke sistem operasi CentOS menggunakan user yang dibuat di langkah di atas.