Wednesday, April 4, 2012

Cara Mudah Upgrade VirtualBox di Linux

Salah satu kelebihan dan (mungkin) sekaligus menjadi kelemahan berbagai perangkat lunak open source adalah betapa seringnya rilis versi terbaru. Untung karena biasanya update seperti ini membawa perbaikan terhadap kutu (bug) di rilis sebelumnya. Seringkali perbaikan ini bersifat kritis karena berkaitan dengan masalah keamanan. Jadi titik lemah karena pengguna harus rajin mengunduh versi terbaru dan memasangnya. Ditambah lagi kebanyakan perangkat lunak ini belum menyediakan cara yang mudah untuk melakukan upgrade. Pengguna harus melakukannya sendiri secara manual. Beberapa distro Linux mengatasinya dengan menyediakan package manager. Debian menjadi salah satu yang terbaik untuk urusan ini. Namun solusi ini hanya berlaku untuk perangkat lunak yang disediakan distro bersangkutan di repo. Pengguna masih harus tetap melakukan upgrade manual jika menggunakan perangkat lunak dari third party.

VirtualBox bisa menjadi contoh bagus untuk kasus ini. Jika menggunakan VirtualBox OSE (Open Source Edition) dari repo Debian, kita cukup menjalankan:
aptitude update
aptitude upgrade
Maka versi terbaru VirtualBox akan dipasang. Sedangkan pengguna VirtualBox unduhan langsung dari Oracle harus melakukan upgrade setiap kali ada rilis versi terbaru. Untungnya Oracle sudah menyediakan VirtualBox dalam bentuk installer DEB. Sehingga para pengguna Debian GNU/Linux cukup menghapus VirtualBox versi lama, lalu memasang versi terbaru untuk melakukan upgrade VirtualBox di Linux Debian.

Hapus (uninstall) VirtualBox versi sebelumnya (4.1.8 atau 4.1.10) dengan perintah berikut.
aptitude purge virtualbox-4.1
Lalu pasang versi terbaru (4.1.12) menggunakan perintah berikut.
dpkg -i virtualbox-4.1_4.1.12-77245~Debian~wheezy_amd64.deb
Sebelumnya unduh dulu VirtualBox versi terbaru dari sini. Sesuaikan sistem operasi dan arsitektur installer yang hendak diunduh dengan distro yang kita gunakan.

Untuk memastikan VirtualBox merupakan versi terbaru, cek melalui menu Help->About VirtualBox.