Saturday, June 30, 2012

Menambahkan Equalizer Rhythmbox di Ubuntu 12.04

Rhythmbox merupakan pemutar musik default yang ada pada Ubuntu 12.04. Beberapa rilis sebelum 12.04 sempat diganti oleh Banshee namun pada rilis Ubuntu 12.04 kembali menggunakan Rhythmbox mungkin karena Banshee tidak cukup stabil di lingkungan Ubuntu. Rhythmbox selain ringan juga mudah digunakan. Namun, yang kurang dari Rhythmbox adalah tidak disediakannya Equalizer. Padahal untuk aplikasi multimedia seperti ini equalizer berperan penting untuk bisa menghasilkan output suara yang diinginkan.
Tampilan Rhythmbox

Tapi tidak ada bukan berarti Anda tidak bisa menambahkan equalizer pada Rhythmbox. Tersedia plugin equalizer yang bisa digunakan untuk Rhythmbox. Berikut cara menambahkannya:
  1. Unduh Rhythmbox Equalizer plugin di https://github.com/luqmana/rhythmbox-plugins/tarball/master
  2. Ekstrak file hasil unduhan tersebut.
  3. Buatlah folder plugins di direktori $HOME/.local/share/rhytmbox. Folder dengan awalan titik (.) menandakan bahwa folder tersebut merupakan hidden folder, jadi untuk menampilkan semua file pada nautilus file manager tekan Ctrl+H. Dan untuk menyembunyikannya tekan Ctrl+H lagi.
  4. Setelah membuat folder plugins, copy folder equalizer yang ada pada hasil ekstrak file unduhan.
  5. Untuk mengaktifkan plugin, jalankan Rhythmbox lalu buka menu Edit > Plugins untuk melakukan konfigurasi plugin.
    Mengaktifkan Plugin
  6. Aktifkan plugin equalizer dengan memberi tanda centang pada box yang tersedia.
  7. Selanjutnya Anda bisa mengatur equalizer melalui menu Control > Equalizer. Atau melalui toolbar equalizer yang ada di window Rhythmbox.

Tampilan Rhytmbox Equalizer
Equalizer ini memiliki beberapa tipe preset yang bisa Anda gunakan sesuai dengan keinginan. Diantaranya, default, ballad, classic, club, dance, more bass, more bass and treble, ore treble, party, pop, reggae, rock, ska, soft, dan techno.
Selamat mencoba.

Sumber: http://bisakomputer.com/tip-trik/menambahkan-equalizer-rhythmbox-music-player-di-ubuntu-12-04/