Saturday, June 16, 2012

Membuat USB Installer Windows di Linux(Ubuntu)

Membuat Installer Windows 7 Via USB Dengan Win USB di Linux Ubuntu
WinUSB adalah sebuah aplikasi yang bisa bekerja di sistem operasi Linux, namun pada tutorial kali ini akan dibahas Win USB yang bekerja pada distribusi Linux Ubuntu. Win USB bisa digunakan untuk membuat sebuah installer windows didalam sebuah USB. Hal ini sangat dibutuhkan mengingat sekarang sudah banyak laptop yang tidak menyertakan cdrom di perangkat laptop yang dijual.
Installer windows yang akan dibuat dengan win USB hendaklah berupa ISO. Untuk mendapatkan program Win USB, Anda harus menambahkan PPA dari Win USB dengan mengetikkan perintah berikut melalui terminal

sudo add-apt-repository ppa:colingille/freshlight
sudo apt-get update
sudo apt-get install winusb
Atau Download file deb disini. Setelah proses instalasi selesai maka panggillah aplikasi yang sudah di install tadi dengan mengetikkan perintah sudo winusb, kemudian anda akan mendapat tampilan Win USB. Klik gambar folder untuk memasukkan ISO windows yang akan kita buat menjadi installer dan pilih target device dari USB yang kita tancapkan.
winusb



Aplikasi WinUSB mirip dengan Unitbootin, jadi saya bisa memastikan jika anda sudah biasa membuat installer Linux dengan Unitbootin maupun start up disk creator yang ada pada Ubuntu, maka anda tidak akan mengalami kesulitan untuk menggunakan WinUSB.

Sumber : http://bisakomputer.com/tip-trik/linux/membuat-installer-windows-7-via-usb-dengan-win-usb-di-linux-ubuntu/