Thursday, June 7, 2012

Inkscape : Robot Dilema


Sebenarnya ada cerita dibalik pembuatan gambar ini sehingga saya namakan gambar ini dengan “Dilema Aplikasi Vector”, yang dimana menggambarkan pengalaman saya selama menggunakan aplikasi pengolah gambar vektor. Disana terlihat sebuah robot yang sedang menatap logo inkscape dan diatasnya terdapat balon udara yang mengilustrasikan logo sebuah aplikasi vector propietary, karena dulu sebelum saya menggunakan Inkscape sebagai default aplikasi pengolah gambar vector saya menggunakan aplikasi lain yang berbayar, sehingga saya gambarkan seperti demikian.
Disini saya membuat sketsa gambar berupa coretan kasar menggunakan pencil tool seperti ini, nah ini sangat penting untuk nantinya dijadikan pose si robot.




Langkah 1
Buat area kerja sebesar 800×600 (landscape) pada setting di document properties, kemudian buat lingkaran dan persegi, setelah itu seleksi keduanya dengan posisi objek kotak berada di atas kemudian klik Path>Difference.


Langkah 2
Seleksi objek kemudian ctrl+D atau duplikat dan klik Path>Dynamic Offset tarik ke dalam, beri warna kuning (ffcc00ff) untuk atas dan hitam pada objek dibawahnya, kemudian buat lingkaran untuk isian kepala, beri warna hitam dan tempatkan dipaling bawah.


Langkah 3
Untuk bagian mulut gunakan bezier tool, kemudian buat gambar mulut seperti gambar dibawah ini, setelah selesai ctrl+D atau duplikat objek lingkaran kuning yang berada dibawahnya, seleksi objek lingkaran dengan objek mulut yang baru dibuat, kemudian klik Path>Intersection, dan beri warna coklat (ab8900ff).


Langkah 4
Untuk mata kita buat dengan bezier tool setelah itu buat lingkaran, tempatkan lingkaran sesuai gambar kemudian seleksi objek hasil bezier yang dibawahnya kemudian ctrl+D atau duplikat setelah itu seleksi objek yang di duplikat dengan lingkaran kemudian klik Path>Intersection


Langkah 5
Buat bagian rambut menggunakan bezier tool, tidak lupa tambahkan efek bayangan dibawah mulut dan beri warna agak gelap dari bagian mulut. Buat bagian leher dengan bezier tool seperti gambar dibawah ini.


Langkah 6
Lakukan hal yang sama pada bagian badan, buat beberapa objek seperti gambar di bawah ini menggunakan bezier tool.


Langkah 7
Untuk bagian tangan gunakan bezier tool setelah itu beri warna hitam kemudian ctrl+D dan beri warna kuning (ffcc00ff) selanjutnya klik Path>Dinamic Offset tarik kedalam. Untuk efek belang-belang gunakan pula bezier tool setelah itu ctrl+D atau duplikat pada bagian lengan dibawahnya seleksi kedua objek lalu klik Path>Intersection beri warna hitam lalu duplicate lagi objek yang sudah di intersections tadi dan beri warna putih klik Path>Dinamic Offset tarik kedalam, lakukan hal yang sama pada efek belang yang lain.


Langkah 8
Untuk pergelangan tangan, buat lingkaran setelah itu beri warna hitam kemudian ctrl+D atau duplicate lingkaran dan beri warna kuning (ffcc00ff), klik Path>Dynamic Offset dan tarik kedalam sehingga objek lingkaran kedua yang berwarna kuning menjadi kecil, kemudian buat object bintang menggunakan star and poligon tool dengan nilai 4 para corners kemudian beri warna hitam.
Setelah itu kita buat lagi objek lingkaran beri warna hitam kemudian ctrl+D atau duplikat objek lingkaran tadi beri warna putih kemudian klik Path>Dynamic Offset dan tarik kedalam sehingga objek lingkaran kedua yang berwarna putih menjadi kecil, dengan posisi lingkaran yang putih kecil berada di paling atas, seleksi kedua objek lalu klik Path>Difference sehingga objek menjadi berlubang, buat objek persegi dan letakkan persis diatasnya seperti digambar dibawah ini, dengan posisi persegi di paling atas kemudian seleksi kedua objek klik Path>Difference sehingga memotong, setelah itu duplikat objek dan beri warna kunig kemudian Path>Dynamic Offset tarik kedalam dan beri warna kuning (ffcc00ff).


Langkah 9
Setelah semua bagian tangan dibuat, semua komponen tangan disusun menjadi berbentuk tangan dengan capit diujungnya, kemudian ctrl+D atau duplikat objek tangan, nah untuk membedakan tangan bawah dan atas kita beri warna hitam full pada pergelangan tangan bagian bawah.


Langkah 10
Untuk bagian kaki kita buat objek persegi dalam keadaan masih menggunakan rectangle tool klik node berbentuk bulat dan tarik sehingga ujung dari objek persegi menjadi bulat atau rounding kemudian beri warna hitam, setelah itu ctrl+D atau duplikat dan beri warna kuning (ffcc00ff) klik Path>Dynamic Offset tarik kedalam. Buat juga dua objek lainnya lainnya menggunakan tool yang sama seperti gambar dibawah ini.


Langkah 11
Buat beberapa efek bayangan dari hasil kaki yang kita buat di langkah 10 menggunakan intersection, caranya buat objek persegi dan tempatkan diatasnya, kemudian ctrl+D atau duplikat objek dibawahnya. Seleksi kedua objek lalu klik Path>Intersection. Lakukan hal yang sama pada semua komponen kaki.


Langkah 12
Setelah semua bagian kaki dibuat, semua komponen kaki disusun menjadi bentuk kaki yang utuh dan jangan lupa utuk bagian engsel kaki dupikal saja objek lingkaran plus bintang 4 corners dari langkah 8.


Langkah 13
Untuk backgound disini saya buat beberapa bentuk bangunan sederhana, cara buatnya mudah sekali. Saya menggabungkan beberapa objek persegi plus menggunakan Path tool seperti Difference dan Union untuk menggabungkan dan menyatukan objek.


Langkah 14
Untuk objek balon udara, saya buat objek lingkaran kemudian seleksi objek lingkaran klik Path>Object to Path, kemudian menggunakan tool edit path by nodes tarik node atau titik paling bawah dari objek lingkaran sehingga menyerupai balon udara setelah itu buat objek pendukung lainnya seperti sarang dan tali menggunakan rectangle tool.


Langkah 15
Sekarang kita buat objek awan, klik star and poligon tool pilih poligon dan beri corners 6, buat sekitar 3 poligon dengan berbeda ukuran seperti gambar di bawah ini, setelah itu seleksi ketiga poligon klik Path>Union sehingga objek bersatu, lalu buat objek persegi dan letakkan persis diatasnya kemudian seleksi kedua objek dengan objek persegi berada di atas klik Path>Difference sehingga objek terbelah, lakukan sedikit editing menggunakan edit path by nodes tool pada objek awan.


Langkah 16
Disini saya membuat robot yang sedang menatap logo inkscape, oleh karena itu kita hanya perlu logo inkscape dan sebuah persegi yang dibuat menggunakan rectangle Tool.




Kesimpulan
Dalam tutorial ini sebenarnya awal dari pembuatan suatu objek hanya dengan menggabungan beberapa shape seperti lingkaran, persegi, poligon dsb. Saya hanya menggunakan Path untuk menyatukan objek, dan memotong objek.
Catatan: Tutorial ini bisa juga dikerjakan dengan program pengolah vektor lain seperti Adobe Illustrator atau Corel Draw dengan beberapa penyesuaian. Semoga totorial ini bermanfaat. Enjoy,… ^_^

Sebenarnya kreatifitas bukan sepenuhnya software yang berperan penting tetapi ide kita. Apapun software yang anda gunakan untuk membuat seni grafis apabila tidak mempunyai ide akan membuat apa? maka tidak akan terwujud sesuatu apapun, apalagi software yang kita gunakan berbayar, tentu akan rugi! karena kita harus membayar sekian dollar untuk membeli software, ya apabila masih bisa dilakukan oleh software gratis kenapa tidak,… ^_^ Hidup Inkscape!!!

Sumber : fossgrafis.com oleh Rizky Djati Munggaran