Wednesday, June 13, 2012

Konfigurasi Modem di Linux Ubuntu

Posting ini mungkin sudah banyak yang bahas dan basi tapi mudah-mudahan bisa membantu teman-teman yang masih kesulitan konfigurasi modem di Linux. Kali ini saya menggunakan ubuntu. Dan cara ini bisa digunakan dari ubuntu 10.04-12.04(terbaru). 

Pertama
Colokan/masukan modem ke komputer/laptop lalu tunggu sampai muncul tulisan "New Mobile Broadband" lalu klik configure vpn ataupun edit connection( Untuk yang menggunakan unity/gnome shell/cinnamon cari aplikasi Network Connection untuk konfigurasinya
Kedua
Pilih Modem Broadband dan klik add
Ketiga
Kemudian akan muncul window baru dan pilih Forward lalu pilih negara, kemudian pilih operator lalu terakhir pilih APN
Terakhir
Centang Connect Automatically dan available to all users untuk mempermudah saat nanti koneksi kembali. Dan masukan Password Anda dan Authenticate
Untuk yang menggunkan gnome classic atau gnome 2 bisa langsung connect tetapi untuk yang menggunakan unity,gnome shell dan cinnamon klik icon network manager lalu klik yang di bawah Network Broadband.

*Catatan : 
cara di atas bisa digunakan hampir di semua modem GSM tetapi untuk beberapa CDMA tidak bisa dan harus menggunakan WVDIAL seperti disini tetapi mungkin beda usbserial dan konfigurasi ISP nya.