Wednesday, June 27, 2012

Antivirus di Linux, perlu enggak sih?

Antivirus di linux, perlu enggak sih? mungkin sobat banyak yang bertanya-tanya mengenai hal ini. Tidak terkecuali saya, pernah terlintas pertanyaan ini dan bahkan pada saat sekarang sudah 100 % memakai linux, pertanyaan semacam ini masih juga muncul.

Namun berdasarkan pada fakta dan pengalaman, bahwa saya dan mungkin juga sobat semua yang memakai linux masih hidup di negara yang masyarakat IT nya tidak semuanya memakai GNU/Linux. Kebanyakan masyarakat kita masih menggunakan windows, terlepas apakah itu windows asli atau bajakan. Dan tentu saja, sesama pengguna komputer tidak lepas dari pertukaran file menggunakan media portable seperti flashdisk atau CD. Selain itu, beberapa pengguna Linux, ada yang masih menggunakan aplikasi windows yang berjalan di wine. Nah... mungkin karena dua alasan tadilah maka saya katakan bahwa pengguna Linux pun masih memerlukan antivirus.

Walaupun saat ini sistem operasi Linux tidak terlelu terpengaruh oleh adanya virus, namun saya pernah dituduh menyebarkan virus gara-gara flashdisk saya dipinjam oleh orang lain. Mungkin saat dipinjam oleh teman itulah flashdisk saya terinfeksi atau menjadi perantara virus. Sehingga ketika flashdisk tersebut saya pakai untuk mengcopykan data ke teman yang lain yang menggunakan windows, teman tersebut (melalui messenger) mengatakan kalau komputernya tertular virus gara-gara menjalankan (autorun) file di flashdisk tersebut. Nah berangkat dari pengalaman itulah maka saya akhirnya memasang Clamtk yang merupakan aplikasi GUI untuk antivitus Clamav. Sehingga setiap saat saya bisa melakukan scaning terhadap media portable yang saya miliki dan tentu saja ke direktory /home yang juga berisikan master2 program berektensi .exe yang direquest oleh teman.

Lalu.. antivirus apa saja yang bisa dipasang di Linux ini?

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, antivirus favorit saya di Linux adalah Clamav dan untuk tampilan GUI nya bisa dipasang ClamTk. Namun demikian, ada beberapa antivirus baik yang gratis (free) ataupun berbayar yang bisa dipasang di Linux ini. Diantaranya adalah :

1. AVG Anti-Virus Free Edition for Linux.
2. Avast Linux Home Edition.
3. Bitdefender
4. Clam Av for Linux
5. Kapersky for Linux
6. Eset NOD 32 for Linux
7. F-Prot for Linux
8. Avira for Linux


Sumber : http://blog.kangdede.web.id