Friday, December 30, 2011

Selayang Pandang Linux Mint 12 'Lisa'

Linux Mint 12 'Lisa' merupakan generasi terbaru dari Linux Mint. Tentu banyak hal baru yang terdapat dalam Linux Mint ini yang akan dijelaskan secara singkat dalam tulisan ini. Sebenarnya catatan sekilas tentang Linux Mint 12 'Lisa' ini tidak lebih dari terjemahan bebas tentang Linux Mint 12 'Lisa' yang terdapat di situs resmi Linux Mint.

Sebelum menginstal Linux Mint 12 'Lisa' ada baiknya kita perhatikan spesifikasi komputer yang harus kita gunakan. Spesifikasi komputer minimal bagi Linux Mint 12 'Lisa' adalah:
  • x86 processor (Linux Mint 64-bit requires a 64-bit processor. Linux Mint 32-bit works on both 32-bit and 64-bit processors)
  • 512 MB RAM (1GB recommended for a comfortable usage).
  • 5 GB of disk space
  • Graphics card capable of 800×600 resolution
  • CD/DVD drive or USB port 



Linux Mint 12 Lisa hadir selangkah lebih maju, menggunakan teknologi baru dan tampilan desktop model baru

Linux Mint 12 Lisa

1. Gnome 3 dan MGSE
Linux Mint 12 'Lisa' hadir dengan tampilan desktop baru, dibangun menggunakan Gnome 3 dan MGSE.
MGSE (Mint Gnome Shell Extentions) adalah layer desktop paling utama Gnome 3 yang memungkinkan untuk menggunakan Gnome 3 dalam tampilan tradisionalnya. Kita dapat menon-aktifkan (disable) seluruh komponen yang terdapat dalam MGSE untuk memperoleh pengalaman murni menggunakan Gnome 3, atau kita dapat menggunakan seluruh komponen MGSE untuk mendapatkan desktop Gnome 3 yang mirip dengan apa yang pernah kita gunakan sebelumnya. Tentu saja kita juga bisa memilih beberapa komponen sesuai yang kita inginkan untuk mendesain tampilan desktop kita.
Fitur utama dalam MGSE adalah:
  • The bottom panel 
  • The application menu 
  • The window list 
  • A task-centric desktop (yaitu, kita berpindah antar jendela [windows], bukan antar aplikasi) 
  • Visible system tray icons 
Tast-centric Alt-Tab di MGSE

MGSE juga memasukkan ekstensi tambahan (additional extensions) seperti indikator media player, dan multiple enchancements untuk Gnome 3. 
Desktop Linux 12 merupakan paduan antara desktop lama dan baru. Ini merupakan desktop model baru namun tetap menyertakan komponen-komponen tradisional.
Teknologi baru Gnome 3 mengagumkan namun komponen-komponen yang disediakan MGSE tetap membuat pengguna (users) merasa sangat nyaman. Linux Mint 12, meskipun sebenarnya dibangun menggunakan Gnome 3, tetap terlihat sebagaimana desktop Mint. Kita dapat membuka aplikasi dari tombol kiri bawah (start menu), sangat mudah untuk berpindah antar aplikasi dan lembar kerja (workspaces) dengan menggunakan windows list atau keyboard shortcut, nofitications untuk aktifitas yang dilakukan dan mengakses fitur-fitur Gnome 3 seperti “activities” dari sudut kiri atas. 
Menu MGSE baru (menggunakan Mint-Z Dark Theme)

2. MATE
MATE adalah bagian dari Gnome 2 yang kompatibel dengan Gnome 3. Kita dapat menjlankan dua versi Gnome sekaligus dalam satu sistem yang sama.
MATE dengan Caja dan MintMenu

MATE ada di edisi DVD Linux Mint 12. Bagi yang menggunakan edisi CD dapat menginstallnya via mint-meta-mate package.
MATE adalah model baru, belum benar-benar stabil, dan masih ada beberapa bagian yang belum sempurna (missing). Saat ini masih dikembangkan melalui kolaborasi antara pengembang MATE dan Linux Mint.
Pada akhirnya, MATE akan identik dengan Gnome 2 dan merepresentasikan masa depan desktop tradisional di Linux.
Di Linux Mint 12, baik mintDesktop (di edisi RC) maupun mintMenu (di edisi stable release) MATE diadaptasi dan dapat digunakan secara penuh.

3. Artwork improvements
Linux Mint dengan Mint-Z-Dark theme
Linux Mint 12 menampilan dua tema baru, yakni Mint-Z dan Mint-Z-Dark yang dibangun menggunakan base Mint-X and Zukitwo.
Mint-Z Desktop theme
Backgrounds: Sebagaimana versi sebelumnya, default background menampilkan tampilan 3D yang memperlihatkan logo Linux Mint. Artwork original berasal dari seniman yang bernama Gelsan. Background pilihan juga tersedia, termasuk foto fantastik dari India dan Yellowstone National Park.
Beberapa contoh Background di  Linux Mint 12
4. Search Engines
Duck Duck Go: Search engine default yang baru adalah Duck Duck Go. Hasil pencarian pada search engine ini bergantung siapa yang melakukan pencarian, bukan pada track atau record informasi user, hal ini memberi kita hasil yang optimal dan search engine ini dibangun dengan base dan memiliki kontribusi pada Open Source
Pengembangan sebuah model bisnis baru: Search engine akan berbagi (share) dengan Linux Mint atas keuntungan yang diperoleh para pengguna Linux Mint. Beberapa search engine mitra partner Linux Mint sudah tersedia dan ada di Linux Mint 12.
Mudah Menginstall search engine lain: Instalasi search engine di Linux Mint 12 sangat berbeda dengan edisi sebelumnya. Instruksi yang mudah dan penjelasan yang gamblang tersedia pada user untuk dapat memahami bagaimana search engine membantu Linux Mint dan untuk memutuskan apa yang harus dilakukan. Instalasi search engine lain juga jauh lebih mudah dari edisi (versi) sebelumnya..


5. Komponen Basis
Linux Mint 12 menggunakan komponen basis (upstream components): Ubuntu 11.10, Linux 3.0, Gnome 3.2. Sehingga ketika kita hendak menambah repository di Linux Mint 12, kita harus memperhatikan base distribution sesuai dengan komponen basis yang digunakan.

Semoga bermanfaat...