Wednesday, December 28, 2011

Install Haier C700/C710 sebagai Modem


Untuk menggunakan modem CDMA Smart tipe Haier C700 atau Smartfren Haier C710 di Linux Mint kita dapat menggunakan wvdial sebagaimana dijelaskan pada artikel sebelumnya, namun kita juga dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut:
  1. Hubungkan ponsel dengan komputer melalui USB Port
  2. Buka Terminal lalu ketika command line: $ lsusb.
  3. Perhatikan keterangan yang muncul. Ada baris yang menampilkan tulisan "Bus 002  Device 003: ID 05c6:9004 Qualcomm Inc"
  4. Ketik command line: $ sudo modprobe usbserial vendor=0x05c6 product=0x9004, masukkan password root.
  5. Klik kanan pada ikon Network Manager di kanan bawah desktop (Mint 10 dan 11) kemudian pilih Edit Connections. Pilih Mobile Broadband -> Add. Pada dialog box New Mobile Broadband Connection, pastikan ada keterangan Smart CDMA Technologies MSM" di bagian Create a connection for this moble broadband device. Kemudian tekan Forward, pilih lokasi United States, pilih provider Alltel. Isi username dan password sesuai dengan provider (jika pakai smart maka ketik smart). Pada Connection name kita boleh memberi nama sesuai yang kita inginkan. Lalu klik Apply atau OK. (Untuk Linux Mint 12, biasanya ketika kita klik kanan Network Manager di kanan atas Desktop, akan muncul New Mobile Connection, jika dalam keadaan off, maka on-kan, kemudian kita klik yang akan memunculkan New Mobile Broadband Connection).
  6. Tunggu beberapa saat, jika sudah terkoneksi maka ikon Network Manager akan berubah menjadi ikon berbentuk sinyal yang menunjukkan bahwa jaringan internet kita sudah terkoneksi
  7. Silahkan menjelajah di internet

Catatan:

  Untuk koneksi berikutnya, maka langkah yang perlu dilakukan:
  1. Hubungkan ponsel dengan komputer
  2. Masuk Terminal, kemudian ketik command line:  $ sudo modprobe usbserial vendor=0x05c6 product=0x9004, lalu masukkan password root
  3. Tunggu beberapa saat hingga ikon Network Manager berubah menjadi berbentuk sinyal
Selamat mencoba, semoga bermanfaat..


Sumber: Rangkuman dari berbagai sumber hasil googling