Monday, December 26, 2011

Plus Minus Install Online dan Offline

Linux OS (termasuk Linux Mint) merupakan OS yang mengharuskan online untuk membuat performance-nya maksimal, termasuk dalam instalasi aplikasi yang terdapat di dalamnya, namun ada beberapa kondisi yang membuat user tidak mungkin dalam keadaan online ketika membangun dan mengembangkan performace Linux OS.

Sebenarnya install aplikasi di Linux, baik online maupun offline, sama saja. Kedua cara ini sama-sama dapat dilakukan--tentunya dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan install online adalah bahwa ketika melakukan proses instalasi kita tidak perlu memikirkan apakah file aplikasi membutuhkan depedency atau tidak, karena secara otomatis depedency akan ikut terinstal.
Kekurangan install online adalah bahwa instal jenis tidak bisa dilakukan di wilayah dengan kondisi jaringan internet yang tidak stabil karena instal online mengharuskan kondisi jaringan yang stabil agar aplikasi dapat terinstal secara sempurna

Kelebihan install offline adalah bahwa install dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa harus terkoneksi dengan internet. Namun, ketika depedency yang dibutuhkan tidak ikut di download/yang didownload salah type, maka program tidak dapat terinstall secara sempurna. Akibatnya aplikasi tidak dapat dijalankan.

Jadi, apakah kita akan melakukan instalasi aplikasi secara online atau offline tergantung pada kondisi kita--apakah kita memiliki jaringan internet yang stabil atau tidak--

Demikian yang dapat sekilas info tentang install online dan offline, semoga bermanfaat. Terima kasih.