Monday, December 24, 2012

Ubah MAC Address di Ubuntu

MAC Address (Media Access Control Address) adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address.

Mengubah MAC Address di Ubuntu

Mengganti MAC Address di Ubuntu
Sebelum saya melanjutkan tulisan ini, saya tidak menjamin bahwa mengubah MAC Address dapat mengatasi masalah pembatasan wifi di atas lho. Namanya juga coba-coba semoga saja berhasil :D

Instal dulu aplikasi yang dibutuhkan:
  1. sudo apt-get install macchanger  
Setelah itu lakukan identifikasi wifi kalian untuk mendapatkan "kode hardware"-nya. Untuk wifi biasanya dimulai dengan "wlan" jadi bisa saja perangkat wifi kalian memiliki kode "wlan0", "wlan1", "wlan2" dan seterusnya. Cara mengetahuinya adalah dengan mengetik perintah:
  1. sudo ifconfig  
Kebetulan punya saya adalah "wlan2" jadi dalam contoh ini saya akan menggunakan "wlan2".

Mengubah MAC Address
Untuk mengubah MAC Address, cukup ketik perintah berikut:
  1. sudo ifconfig wlan2 down  
  2. sudo macchanger -r wlan2  
  3. sudo ifconfig wlan2 up  
Yang dilakukan perintah di atas adalah mematikan perangkat wifi "wlan2", mengubah MAC Address secara acak, lalu menghidupkan perangkat wifi lagi.

Mengembalikan MAC Address seperti semula
Untuk mengembalikan MAC Address ke semula pun sangat mudah. Ketik perintah berikut:
  1. sudo ifconfig wlan2 down  
  2. sudo macchanger -p wlan2  
  3. sudo ifconfig wlan2 up  

Ada banyak pilihan dalam menggunakan perintah "macchanger", silakan ketik "macchanger --help" untuk melalukan ekplorasi lebih lanjut.

Selamat mencoba :)

Sumber : Tahutek.net