Thursday, December 13, 2012

Membuat Presentasi dengan Inkscape (Sozi)

# Tahap Pertama – Instalasi
  • Instalasi di Windows
Dalam instalasi di windows, anda membutukan Inkscape, Python, PYGTK, dan sozi, untuk mengunduhnya anda bisa kunjungi http://sozi.baierouge.fr/wiki/en:welcome. Pertama anda harus menginstal Inkscape, kemudian Python dengan directory C:\Program Files\Inkscape\python. Setelah itu selesai, selanjutnya instal juga pygtk dan jangan dirubah directory-nya, karena pygtk itu otomatis membaca dimana directory Python-nya. Terakhir, extract file sozi dan salin semua file-nya ke C:\Program Files\Inkscape\share\extensions.
  • Instalasi di Linux
Di Linux, biasanya anda hanya membutuhkan Inkscape dan Sozi-nya saja karena dalam Sistem Operasi Linux biasanya sudah terinstal Python dan PYGTK-nya. Kita ambil contoh Sistem Operasi yang kita gunakan adalah Ubuntu, untuk menginstal Inkscape di Ubuntu ada beberapa cara tapi saya akan mencontohkan instalasi melalui Terminal. Pastikan komputer anda terhubung dengan internet, buka Terminal dan ketikan “sudo apt-get install inkscape” tunggu hingga proses instalasi selesai. Kemudian jika proses instalasi Inkscape selesai, salin file sozi dengan cara mengetikan “sudo cp [directory tempat file sozi] [directory tujuan]” contoh “sudo cp /home/downloads/sozi-release-12.05-08120927.zip /usr/share/inkscape/extensions”. Selanjutnya anda tinggal meng-extract file sozi yang sudah di salin tersebut dengan mengetikan unzip [nama file].rar.
# Tahap 2 – Membuat Presentasi
Seperti yang terlihat di gambar, sozi akan menampilkan objek bulat tersebut sesuai dengan frame yang kita buat. Dalam sozi sendiri kita bisa melakukan transisi perpindahan frame dengan zoom in, zoom out, dan rotasi. Setelah kita memberikan frame pada objek yang kita mau tampilkan, kemudian kita seleksi frame-nya dan pilih extensions/sozi seperti pada gambar dibawah ini.
Kemudian pilih add/tambah (+) dan beri nama frame-nya di form title.
Jika kita ingin membuat frame yang tadi otomatis, maka kita tinggal memberikan tanda centang (√) pada timeout enable dan bisa juga diatur waktunya di timeout(s). Untuk transisinya juga bisa diatur mulai dari durasi dan persentase zoom-nya, jika sudah maka tinggal tekan ok. Untuk melihat hasilnya tinggal tekan ctrl+s, kemudian drag file .svg ke browser (agar terlihat transisi frame-nya saya sarankan buat frame lebih dari 1).
Dan ini hasilnya :) .
# Tahap 3 – Menampilkan di website
Selain digunakan untuk presentasi, sozi ini juga bisa dimuat di website untuk iklan atau pun animasi. Caranya sangat mudah, anda tinggal membuat iframe di html seperti gambar di bawah ini.
Dan ini hasilny :) .
Mudahkan membuat presentasi dengan Inkscape (sozi)? Jika masih merasa bingung atau ada pertanyaan bisa langsung comment disini. Terima kasih, semoga materi pelatihan kali ini bermanfaat, aamiin :) 

Sumber : poss-upi.org