Tuesday, May 29, 2012

Yang Baru di Mint 13 'Maya'

Fitur Baru di Linux Mint 13
Dengan the rock-solid MATE 1.2 dan Cinnamon 1.4, Linux Mint memberi pilihan antara dua dekstop Linux yang paling populer. Baik anda mengharapkan sebuah lingkungan yang matang (mature) dan produktif, ataupun anda tertarik untuk menjadi bagian dari petualangan baru yang mengagumkan, kami berharap anda menikmati Linux Mint 13. Baik edisi MATE maupun Cinnamon dibangun dengan kualitas integrasi tertinggi dan akan disupport hingga April 2017.

MATE 1.2
Linux Mint 13 "Maya" MATE Edition



Hingga Linux Mint 11, fitur utamanya adalah desktop 'Gnome 2'. Dua tahun terakhir , Gnome 2 tidak lagi digunakan oleh team pengembang dan mayoritas distribusi Linux. Para pengembang di komunitas Linux (Linux community) berkumpul dan menggabungkan kemampuan dalam sebuah proyek baru, MATE, untuk menyelamatkan Gnome 2. Gnome 2 codebase terakhir diberi nama baru dan sekarang MATE melakukan hal yang sama dengan nama berbeda.

Keunggulan:

MATE stabil dan dapat bekerja di semua komputer
MATE merupakan salah satu di antara desktop paling produktif dan mudah digunakan yang ada (saat ini).
MATE meneruskan apa yang Gnome 2 tinggalkan dan memperkenalkan kemajutan-kemajuan luar biasanya sendiri.
MATE hadir dengan dukungan bagi mintMenu, mintDesktop, Compiz dan semua yang membuat Gnome 2 menjadi desktop Linux paling populer.
MATE dibangun dengan GTK2, menampilkan lebih banyak theme (wallpaper) dan terintegrasi dengan lebih banyak aplikasi dibandingkan dengan desktop lainnya.

Kekurangan:

Beberapa bagian Gnome 2 belum dimigrasikan ke MATE dan beberapa hal seperti Bluetooth support mungkin tidak dapat berjalan sebaik ketika menggunakan Gnome 2.

Cinnamon 1.4

Linux Mint 13 "Maya" Cinnamon Edition

Cinnamon lahir dengan alasan yang sama sebagaimana MATE. Gnome 2 merupakan salah satu komponen inti Linux Mint, dan Gnome 3 kekurangan fitur dan design alternatif yang sepadan. Linux Mint memulai mengembangkan fitur-fitur ekstra yang dibutuhkan Gnome 3 dan akhirnya mulai mengembangkan tampilan (environment)nya sendiri yang disebut Cinnamon. 

Baik proyek Linux Mint maupun MATE hadir dengan alternatif yang benar-benar bagus bagi Gnome, meskipun dengan cara yang benar-benar berbeda.

Cinnamon dibangun berdasar pada Clutter dan Gnome 3. Ia merupakan tampilan yang tampak modern dengan desktop tradisional dan familiar. Ia menampilan (feature) compositing, animasi dan beberapa inovasi unik lainnya namun ia mengandalkan 3D acceleration, kurang beberapa fitur yang ada di Gnome 2 dan belum benar-benar kompatibel dengan semua graphic card yang ada di pasar. 

Keunggulan:

Cinnamon merupakan salah satu tampilan yang tampak paling elok dan modern
Cinnamon menyediakan tampilan (fitur) inovatif dan modern yang menitik beratkan pada produktivitas dengan metafor desktop tradisional. 
Cinnamon dibangun didasarkan pada teknologi cepat dan perkembangannya benar-benar cepat.
The Cinnamon community sangat aktif, dan menghasilkan banyak theme dan applet baru.

Kekurangan:

Cinnamon membutuhkan 3D acceleration dan mungkin tidak bekerja baik sebagaimana mestinya, tergantung pada graphic card dan/atau driver yang digunakan. 
Cinnamon merupakan 'barang baru' dan sayangnya belum sestabil dengan desktop yang lebih matang seperti MATE, KDE, atau Xfee. 
Cinnamon menggunakan base  on Gnome 3 dan Clutter, yang juga baru dan mengalami transformasi yang cepat. 

MDM

MDM stands for "MDM Display Manager" :)

MDM merupakan Display Manager baru, dengan code didasarkan pada GDM 2.20. Ini menyediakan tools konfigurasi grafis (graphical configuration tools), themeability, remote, automatic dan timed login, event scripting, language selection dan hadir dengan lebih banyak fitur dibandingkan dengan Display Manager lain yang saat ini ada.

MDM hadir dengan banyak fitur dan pilihan konfigurasi 

Artwork improvements
Linux Mint 13 menyediakan fitur Mint-X dan  Mint-Z themes paling mutakhir dan memiliki support yang lebih baik untuk GTK3.

The Mint-Z desktop theme

Backgrounds: Default background dilengkapi dengan koleksi foto-foto indah dari Irish artis yang disebut "masterbutler".

Koleksi foto indah dari masterbutler

Search engines
Yahoo: Linux Mint berpindah Yahoo sebagai default search engine untuk USA, Kanada, UK (United Kingdom/Inggris Raya), Irlandia, Jerman, Perancis, Itali, dan Spanyol. Yahoo merupakan search engine terbesar kedua di dunia, dan search engine besar pertama yang berbagi hasil dengan Linux Mint. Halaman (The results page) penuh fitur, hadir dengan tampilan bagus, gambar, video dan blog search, points of interest, time filters dan cached results. Di bagian bawah interface, Yahoo hadir dengan jaringan iklan (network of advertisers) dan addition yang merepresentasikan kesempatan luas dan sebuah sumber pemasukan (income) tambahan bagi Linux Mint.

Sekarang Yahoo merupakan default search engine di Linux Mint

Search engines membantu pendanaan Linux Mint: Search engines berbagi dengan Linux Mint penghasilan yang dihasilkan bagi mereka dari para user Linux Mint. Search engine  berikut berbagi penghasilan dengan kami: Yahoo!, DuckDuckGo dan Amazon. Dengan menggunakan search engine tersebut untuk mencari (informasi) atau untuk melakukan pembelian, anda membantu mendanai the Linux Mint project.

Instalasi mudah untuk search engine lainnya: Penjelasan gamblang dan instruksi mudah  ada di Linux Mint bagi user untuk memahami mengapa beberapa search engine tidak terinstall sebagai default dan bagaimana menginstallnya dengan mudah. 

Upstream components
Linux Mint 13 menggunakan upstream components berikut ini: Ubuntu 12.04, Linux 3.2, MATE 1.2, Cinnamon 1.4.

(Sebuah Terjemahan Bebas)

Sumber : New Features in Linux Mint 13