Thursday, December 13, 2012

Mengenal Libre Impress

LibreOffice Impress adalah komponen aplikasi LibreOffice yang berfungsi untuk membuat dokumen presentassi dan media interaction yang mirip Powerpoint pada windows. Pada LibreOffice presentasi dapat diekspor sebagai file SWF, LibreOffice Impress juga mencakup efek transisi 3D. Dengan LibreOffice Impress kita dapat membuat slide dengan berbagai macam unsur, seperti teks, daftar bullet dan penomoran, tabel, grafik, dan objek grafis seperti clipt-art, gambar dan foto.
Ada beberapa cara untuk memulai Impress pada fedora 17 :
  1. Pada menu Activities terdapat pilihan windows dan aplication, maka pilih aplication
  2. Kemudian pilih Office
  3. Kemudian pilih LibreOffice Impress
  4. Atau dengan jalan pintas, yaitu dengan memilih ikon LibreOffice Impress pada windows
  5. Untuk memulai membuat persentasi di LibreOffice ada beberapa pilihan yaitu memulai dengan template yang sudah ada atau memulai dengan presentasi kosong.
Setelah LibreOffice impress terbuka, maka akan muncul tampilan seperti berikut :

Tampilan impress utama memiliki tiga bagian yaitu:
  • Slides pane
  • Workspace
  • Tasks pane

Slide Pane

Slide pane akan menampilkan thumbnail slide dalam presentasi yang kita buat. Jika kita mengklik slide dalam pane berarti kita memilih dan menempatkannya dalam slide yang kita tunjuk pada Workspace.
Ada beberapa operasi tambahan yang dapat dilakukan pada satu atau lebih slide secara bersamaan dalam pane Slide:
  • Menambahkan slide baru ke presentasi.
  • Menandai slide tersembunyi sehingga tidak akan ditampilkan sebagai bagian dari presentasi.
  • Menghapus slide dari presentasi jika tidak lagi diperlukan.
  • Ubah nama slide.
  • Menggandakan slide (copy dan paste) atau memindahkannya ke posisi yang berbeda dalam presentasi (memotong dan menyisipkan).
Hal ini juga memungkinkan kita untuk melakukan operasi berikut, meskipun ada metode yang lebih efisien daripada menggunakan panel Slide:
  • Mengubah urutan slide dalam presentasi.
  • Mengubah desain slide.
  • Perubahan tata letak slide untuk sekelompok slide secara bersamaan.

Task Pane

Task Pane memiliki lima bagian yaitu:
  • Master Page
Master page ini berisi beberapa pilihan backround yang mungkin akan kita gunakan dalam presentasi yang kita buat.
  • Layouts
Seperti kata yang terteranya layouts, yaitu beberapa pilihan penempatan konten dalam presentasi yang kita buat.
  • Table Design
Pada Table Design kita bisa memodifikasi tampilan tabel yang ada pada presentasi yang kita buat, seperti menampilkan atau menyembunyikan baris dan kolom tertentu.
  • Custom Animation
Pada bagian ini terdapat beberapa pilihan animasi yang dapat kita aplikasikan pada presentasi yang kita buat.
  • Slide Transition
Pada slide transition terdapat beberapa pengaturan yang dapat kita pilih seperti kecepatan animasi pada slide, penggunaan suara, dan lain-lain.

Workspace

Worksapce ini memiliki beberapa tab, diantaranya: Normal, Outline, Notes, Handout, dan Slide Sorter.

  • Normal
Ketika kita memilih Normal, maka akan menampilkan slide utama yang akan kita buat atau kita rubah.
  • Outline
Outline berisi semua slide presentasi kita dalam urutan nomor presentasi, judul topik, dll dengan daftar bullet dan nomor untuk setiap slide dalam format outline.
  • Note
Note digunakan untuk menambahkan catatan ke slide. Caranya:
  1. Klik tabNotesdalam Workspace.
  2. Pilih slide yang akan di tambahkan catatan. Klik slide dalam Slides Pane atau Double-klik nama slide di Navigator.
  3. Pada kotak teks di bawah slide, klik pada kataKlik untuk menambahkan catatandan mulai mengetik.

  • Handout
Tampilan handoutadalah tampilan untuk menyiapkan layout slide kita untuk handout dicetak.KliktabHandoutdi tempat kerja, kemudian pilihLayoutsdalam Tasks pane. Kita dapat memilih berbagai macam penempatan sesuai dengan yang kita butuhkan.
  • Slide Sorter
Slide Sorterberisi semua thumbnail slide. Tampilan ini digunakan untuk bekerja dengan sekelompok slide atau dengan hanya satu slide.


 
 
SUMBER : poss-upi.org