Thursday, November 29, 2012

Problem pada Crossplatform UI Prolink PCM 100 Slim

Setelah lumayan lama saya berputus asa dalam menginstal Crossplatform UI untuk modem saya Prolink PCM 100 Slim pada Ubuntu 11.10 yang saya pake dualboot bersama windows 7 di Axioo Neon HNM 3120 kesayangan ini, karena terdapat error pada Crossplatform UI-nya. Akhirnya sekarang bisa digunakan dengan baik.

Memang suatu usaha tidak akan sia-sia jika kita melakukannya dengan sepenuh hati dan berhati-hati. Dan tentunya diiringi pula dengan kesabaran.

Error yang saya temui bisa dilihat pada gambar dibawah ini;







Mungkin ini merupakan bug pada Crossplatformui. Lalu, bagaimana cara menghilangkan status Crossplatformui Error yang selalu muncul ketika sehabis menginstall suatu aplikasi?

Langsung saja, cek /var/lib/dpkg/status  cari Crossplatformui, kalau ada statusnya perlu dihapus. Berikut caranya,
  1. Backup dulu file /var/lib/dpkg/status, buka terminal ketik 

  2. sudo cp /var/lib/dpkg/status /var/lib/dpkg/status.bak
  3. Edit file /var/lib/dpkg/status.
  4. sudo gedit /var/lib/dpkg/status
  5. Hapus bagian crossplatform (satu paragraf), sisakan satu spasi masing-masing di atas dan dibawahnya. Perhatikan pict di bawah ini,
Cara ini sudah saya gunakan dan berhasil menghilangkan status error tersebut. Entah bagaimana cara anda mengatasi masalah Crossplatform UI yang anda gunakan. Semua tergantung anda untuk mau terus mencoba dan mencoba lagi. Siapa tahu permasalahan pada Crossplatform UI anda sama dengan yang saya alami. Selamat mencoba.