Tuesday, July 17, 2012

Membuat Theme Cinnamon di Linux Mint

Sebenarnya membuat theme Cinnamon sangat mudah dan menyenangkan, berikut langkah-langkah yang diperlukan: 

1. Buat theme baru
  • Silahkan masuk ke home folder
  • Buat direktori “MyTheme”
  • Buat direktori “cinnamon” di dalam direktori “MyTheme”
  • Copy seluruh isi (content) dari /usr/share/cinnamon/theme ke Mytheme/cinnamon/
Command Line di Terminal:
1. cd
2. mkdir -p MyTheme/cinnamon
3. cp -R /usr/share/cinnamon/theme/* MyTheme/cinnamon/

2. Bersihkan file yang tidak kita butuhkan
File thumbnail-generic.png tidak diperlukan, maka kita dapat menghapusnya.
Command Line di Terminal:
1. cd
2. rm MyTheme/cinnamon/thumbnail-generic.png


3. Install  theme
Tempatkan theme yang kita buat di ~/.themes
Command Line di Terminal:
1. cd
2. mkdir -p .themes
3. mv MyTheme .themes/
Note: .themes merupakan “hidden folder" di direktori home, jadi kita hendaknya mengklik  “view->show hidden files” di file browser (tekan Ctrl + H). Jika direktori .themes belum ada, maka buatlah.


4. Memilih theme
Untuk memilih theme theme, buka Cinnamon Settings, klik “Themes” and pilih “MyTheme”.


5. Memodifikasi theme
Buku file browser pada .themes/Mytheme/cinnamon dan perhatikan. 
  • png images yang dapat dimodifikasi dengan Gimp
  • svg vectors yang dapat dimodifikasi dengan Inkscape (atau text editor ketika kita lebih ingin menonjolkan search/replace features)
  • css files yang dapat diedit dengan text editor (secara pribadi saya merekomendasikan Geany)
Coba modifikasi kita sebanyak mungkin. Untuk mengetahui perubahan theme setelah kita ubah kita dapat memilih theme lain kemudian memilih kembali theme kita di Cinnamon Settings, atau restart Cinnamon dengan menekan “Alt F2″ dan ketik “r”.


6. Tips dan Tricks
Beberapa hal yang hendaknya kita ketahui:
  • toggle-on-us.svg dan toggle-off-us.svg digunakan saat the locale (bahasa yang diguanakan) adalah English. Untuk bahasa lain, toggle buttons menggunakan toggle-on-intl.svg dan toggle-off-intl.svg. Ketika kita memodifikasi ini, pastikan kita juga memodfikasi versi USA dan versi international.
  • thumbnail.png adalah gambar yang digunakan Cinnamon Settings untuk menunjukkan tampilan (preview) theme. Pada saat selesai memodifikasi (membuat) theme, buatlah sebuah  screenshot dengan ukuran yang serupa, tindih (overwrite) thumbnail.png dan pastikan hal tersebuh kelihatan bagus di Cinnamon Settings.
  • overview.png dan overview-hover.png hendaknya tidak dihapus. Users dapat memutuskan apakah ingin memunculkan ikon atau tidak, jangan hilangkan pilihan ini dari theme dengan menghapusnya.
  • cinnamon.css adalah apa yang menentukan tampilan di Cinnamon. Dimulai dengan definisi sections dan themes yang juga terdapat di  Gnome Shell (untuk memudahkan para seniman untuk berbagi Shell themes yang ada ke Cinnamon) dan kemudian menggunakan menjadi styles definitions specific untuk Cinnamon.
CSS is widely used on the Web, so there’s plenty of resources for it. Don’t hesitate to Google things up to find out how to do a particular thing with CSS.
CSS suppport bagi color definitions baik Hex (typical HTML color codes) maupun RGB (yang memungkinkan kita untuk mendefinisikan transparency values). Jangan ragu untuk menggunakan Gimp untuk mengolah Hex code atas satu warna partikular yang kita lihat di layar (screen),  atau gunakan http://www.javascripter.net/faq/rgbtohex.htm dan http://www.javascripter.net/faq/hextorgb.htm untuk melakukan translasi code warna di antara keduanya (to translate color codes between the two).


7. Memasukkan (Mendaftarkan) theme
Ketika kita puas dengan tema modifikasi (buatan) kita, tambahkan (masukkan) ke the Cinnamon Spices website di http://cinnamon-spices.linuxmint.com/themes
Orang akan mendownload, menilai, dan pendapat (comment).  Jangan ragu untuk menggunakan tanggapan mereka untuk memperbaiki theme kita. Beri kode versi dan berikan deskripsi agar orang tahu apa yang diperbaiki dan mengapa mereka mesti mendownloadnya lagi.


8. Find help
Jika perlu bantuan, jangan ragu untuk melakukan chatting dengan the Cinnamon developers pada IRC at #linuxmint-dev di irc.spotchat.org


Terjemah bebas dari: How to make a Cinnamon theme